Welcome In My Blogspot

Congrulatation...!
you open my blogsot and you use my blogspot, Because it is so important to all people and me....

Sabtu, 04 Juni 2011

Bisnis Statistik 1 (Menghitung rata - rata / Mean)

Menurut saya,Statistik ialah sekumpulan data - data yang di kelola menurut kebutuhan dan di gunakan untuk memutuskan suatu penelitian yang di dasari dengan data - data yang valid (terpercaya dan bisa di pertanggungjawabkan) dengan proses yang benar dan pada akhirnya bisa menyimpulkan suatu hipotesa yang akurat.

Dalam hal ini,banyak sekali materi yang diterangkan dalam statistik 1. Akan tetapi yang akan saya bahas ialah mengenai Mean (Rata - rata). Kenapa saya memilih ini, karena menurut saya , awal dari semua rumus selalu membutuhkan rata - rata dari suatu data. Dan Mean secara tidak langsung sudah kita gunakan atau aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan jika kita mendapat uang saku sebesar 500,000.00 / bulan. Maka kita akan berfikir seberapa besarkah pengeluaran kita setiap hari jika kita hanya memiliki uang dengan jumlah seperti itu. Mudah bukan menerapkan Mean dalam kehidupan sehari - hari. Akan tetapi apa yang membuatnya sulit jika kita sedang kuliah Bisnis Statistik dengan materi kuliahnya Mean. ?


saya akan membahas dari awal tentang Mean.

Mean (Rata - rata hitung ) ialah rata - rata hitung dari data yang telah ada.Dan memiliki kegunaan untuk mengetahui rata - rata data dengan bobot yang sama. Simbol untuk Mean bermacam - macam,akan tetapi yang sering di gunakan ialah simbol µ dan Χ penggunaan simbol ini tergantung si pemakai.

kemudian kita lanjutkan dengan mengetahui Rata - rata Terhitung untuk data Tunggal. Mengapa data tunggal karena dalam pengaplikasiannya hanya ada data tunggal dan data berkelompok (memiliki kelas). Jadi rumus yang digunakan juga berbeda akan tetapi intinya sama.
Rumus untuk Mean Terhitung untuk Data Tunggal ialah :

X = ZX / n

ZX = Jumlah Nilai Data
n = jumlah frekuensi
*(hati lho ya kalau sedang membaca)


Rumus untuk Mean Terhitung untuk Data Berkelompok ialah :

X = Z(Fi * Mi) / Zn

Fi = Jumlah frekuensi
Mi = Nilai Tengah
Zn = Jumlah Frekuensi

2 rumus ini terlihat memang mudah,akan tetapi kita juga tidak boleh sampai keliru memahami soal. karena mungkin saja yang di tanya itu bukan Mean tetapi yang lainnya.jadi pahami dahulu dari bagian yang termudah dan bertahap memulai memaha,i hal yang lebih sulit lagi di atasnya. sekian artikel untuk blog saya. Materi ini sebagian saya peroleh dari dosen saya yang menarik yaitu Bu Yuyuk Liana. Kepada beliau , saya ucapkan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar