Welcome In My Blogspot

Congrulatation...!
you open my blogsot and you use my blogspot, Because it is so important to all people and me....

Minggu, 14 Oktober 2012

Seberapa Pentingkah Anda ??

Dalam kehidupan sehari – hari kita ada dalam kondisi dan sebuah lingkungan yang berbeda. Lingkungan keluarga , lingkungan kerja , lingkungan sahabat dan lingkungan kampung. Keseringan kita ada di dalam berbagai kalangan atau lingkungan. Itu membuat kita peka , mengerti dan mengetahui kondisi dari dari setiap lingkungan tempat kita berada saat itu. Dari sini kita belajar untuk peka dan respon terhadap personal dan kondisi yang ada di dalamnya.


Dari kebiasaan inilah bisa di jadikan media pembelajaran kita atau individu lainnya untuk menjadi orang yang usefulness(bermanfaat dan dapat di andalkan). Kenapa demikian ? Ini alasan bagi orang yang pengertian dan paham situasi untuk bisa menyesuaikan dengan kondisi lingkungan yang sedang di tempati dan menjadi orang yang sangat membantu untuk personal lainnya. Dari orang – orang yang usefulness ada kecenderungan untuk selalu di butuhkan dan cari oleh orang – orang yang sering di sekitar mereka. Mereka merasakan bahwa dengan adanya kehadiran orang yang usefulness itu sangat di perlukan karena adanya rasa nyaman dan enjoy .





Namun di tengah zaman ini yang masanya globalisasi dan pergaulan yang bebas. Seakan – akan hal ini (usefulness) mulai terlupakan karena setiap individu lebih mementingkan dirinya sendiri. Mereka melupakan ini karena lebih mengikuti atau lebih senang dengan dunia maya (internet) dan ini menjadikan individu itu pasif dan ada kecenderungan untuk malas. Memang tidak semua anak muda zaman sekarang seperti itu. Tapi perlu di garis bawahi juga bisa saja soft skill (usefulness) bisa pudar dan menghilang.

Jadi yang perlu kita kiatkan dalam pembentukan soft skill usefulness ialah kemauan yang besar dari dalam diri sendiri personal itu sendiri dan adanya pendidikan soft skill serta pendampingan dalam proses pembelajaran soft skill. Caranya memang susah – susah gampang tapi ini perlu perhatian khusus untuk membentuk karakter individu yang good person.


Salah satu contoh individu yang memiliki soft skill usefulness yaitu sbb :

  • Senang melibatkan dirinya pada kegiatan atau aktivitas – aktivitas yang membangun.

Yang di maksud ialah keikutsertaan diri dalam aktivitas yang membangun atau yang sifatnya ada nilai manfaat yang besar bagi banyak orang atau masyarakat luas jika berhasil di kerjakan. Banyak hal yang bisa di lakukan dalam hal ini yaitu dengan keikutansertaan dalam sebuah LSM pecinta alam. Ini membuat kita bisa belajar banyak hal mengenai apa yang alam ini butuhkan dan tahu bagaimana cara untuk melestarikan alam ini sebaik mungkin dengan kondisi saat ini yang masyarakat sendiri mulai melupakan alam. Atau kita bisa ikut menjadi relawan jika ada sebuah tragedi besar atau musibah besar yang terjadi di salah satu tempat di negara ini seperti saat tsunami aceh,gempa di bantul yogyakarta dan runtuhnya jembatan mahakam 2. 


Sikap usefulness itu sendiri tidak terpaku dalam tindakan yang tertera di atas,tapi kita juga bisa ikut tapi dalam bentuk materi atau pengadaan barang yang di butuhkan. Mungkin hal – hal yang tertera di atas kelihatan rumit,sebenarnya ada yang lebih simpel lagi bagi kita khususnya mahasiswa,yaitu ikut dalam kegiatan kampus serta terjun juga ke oragnisasi di UKM tapi dengan niat yang positif.


 
  • Menawarkan diri untuk membantu orang lain.

Penawaran bantuan ini digunakan untuk meringan pekerjaan yang dilakukan oleh orang yang kita tawari bantuan. Ini juga bisa digunakan sebagai media untuk mendekatkan diri dengan personal tersebut dan menjalin hubungan baik. Inilah mengapa individu bisa cepat akrab jika salah satu dari mereka menawarkan bantuan. Dan ini juga bisa sebagai salah satu untuk mengenal dan memahami karakter dari individu tersebut.

Sebenarnya banyak sekali sikap – sikap yang di tunjukkan oleh orang yang mempunyai soft skill usefulness. Namun kunci dari pembelajaran dan penerapan usefulness ialah proaktif , tanggap dan respon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar